-->

Perbedaan HTML dan CSS

Written By Unknown on 17 December 2010 | 2:45 AM

Ngomongin soal HTML dan CSS tentunya gak asing lagi buat para penggila blogger. Mungkin hal sepele kek gini gak perlu dibahas kali ya tapi dari pada ngopy tulisan orang mending nulis sendiri menurut pengetahuan sendiri pula... Aku gak banyak tau sih soal HTML dan CSS maklumlah bukan anak IT tapi paling gak tau dikit2.
Nah teman2 khusus buat blogger pemula aja ya termasuk aku ndri yg profesional tentunya udah ngerti seperti kang rohman, o-om yang banyak banget membantu didunia blogger saat ini...
Ngomongin soal HTML ma CSS kalo dibilang sich dimana ada CSS disitu ada HTML. Soalnya CSS pembantunya HTML kalo gak pake CSS wah ribet deh urusannya...
Mengenal CSS
CSS (Cascading Style Sheets) merupakan suatu system perintah yang menggunakan bahasa bebas (untuk ID dan Class) menurut shet2 tertentu misalnya header, sidebar, footer, body dll. Yang biasanya digunakan untuk desain template blog untuk mempermudah kinerja html dalam include data css..
misal
CSS (Cascading Style Sheets)
#menu {background:white;}
HTML
dan embel lainnya seperti sub2 bagian yang bisa diliat dikode HTMLnya masing2 yang perlu diketahui adalah bagian2nya seperti heade (bagian kepala), body (bagian isi), footer (bagian kaki), sidebar/navbar (bagian sisi kiri ato kanan), menu (bagian menu) dll.
Jika ingin ngerubah desain template maka yang diubah adalah cssnya tapi sebelumnya kamu harus tahu tata susunan css dengan benar dan kata perintah (bahasa css) untuk bagian isi {...} menggunakan perintah berbahasa inggris. sebagai referensi tagcss{perintah:isi perintah;} contoh body {float:right;} gitulah kira2.. cari tahu dimana tempatnya. (:) sebagai penghubung perintah seperti {color:yellow;} dan (-) pembatas perintah yang terdiri dari dua suku kata seperti {font-color:white; font size:2;}. Dan (;) sebagai pembatas dan penutup perintah contoh {color:red; float:right;} dll. Nah semoga gak salah tempat ya... Dan juga buat perintah didalamnya cocokan perintah yang berhubungan dengan bagian css tsb. Jika kamu sudaha tahu css itu apa dan bagaimana bentuknya yang harus kamu cari tahu lg fungsi2 perintah yang bisa dijalankan pada bagian tertentu..
Gak susah kok aku aja yang baru ngenal dunia blogger tau dikit asal mau belajar dan banyak membaca dari kawan2 cuma tiga langkah kok belajar css...
1. Kamu harus tahu css dan fungsi kegunaannya dan biasanya untuk desain template kalo kamu gak bisa desain paling gak resain yah walopun gak kreatif paling gak inovatif. Bisa desain template blog kamu sesuka hati dan seleranya.
2. Tahu bentuk dan susunan perintah css dalam penempatannya yang aku terangin dikit diatas. Yah hati bilang inilah css begini caranya menusun css.. Hehe
3. Pahami perintah dalam css smua dalam bahasa inggris yang bebas adalah id nya aja.

Kelebihannya ialah :
1. halaman web menjadi tidak padat, hingga
halaman web menjadi SEO friendly
2. anda dapat dengan mudah mengganti
tampilan web dengan cukup mengganti nilai
dan definisi pada pada satu file CSS saja.
Setelah baca ini yang belum tahu pasti tau dund, paling gak ngerti dikit tentang css ya kan..

HTML
HTML (Hyper Text Markup Language) yang berisi tentang intruksi/perintah tertentu sama halnya seperti xml, php ataupun asp. code tertentu dalam membentuk tampilan tertentu pula.
Aku gak bisa menampilkan contohnya maklumlah posting pake hp jadul Q punya keterbatasan. Mungkin lain waktu akan aku jelaskan tentang html beserta kodenya.. Dengan html kita juga bisa merubah huruf, warna, menisippkan gambar, menyisipkan link, buat tabel, buat tulisan berjalan, kedip2 dll... Yang akan aku tulis kedepannya..

Terima kasih buat teman yang sudah mampir semoga tulisan ini sedikitnya membantu sobat jika gak enak dipandang mohon maklum aja. Namanya blogger pemalas yang gunain hp jadul. Doain ya kebeli laptop ma madem hahaha...

2 Komentar Untuk Artikel ini :

MY LIKE said...

dak bisa di copy... g enak.
tambahan ya.... untuk html... sbenarnya hampir sama ma css.... cuma dari segi penenmpatan kata dan bahasa serta tagnya yg sedikit berbeda.

M. Fahrizal. Mahasiswa FK UISU said...

aq slut ma bng rizal, walau cuma pke hp, truskan aja perjuangannya y bang

Ada Pertanyaan